Friday, September 29, 2017

Spring Blossom - My Korea Trip (Part 2) - Jinhae Cherry Blossom Festival

Jinhae Cherry Blossom Festival - Busan
I was there! I was there!! Gak percaya bisa nyampe di festival Cherry Blossom ini.

A breathtaking view. Langit cerah, seeeeeeeeeeeeeepanjang lokasi ini dipenuhi bunga cherry yang mekar.

Cewek-cewek korea dengan mini skirt dan tentunya gandengan sama oppa-oppanya... hiasan-hiasan bunga mereka pakai di kepala. And yes, suasanya spring emang romantis. Alhamdulillah, gw cuman baper aja plus laper dan dingin. Sementara cewek-cewek dimarih pake rok mini dan baju tipis, gw masih pake jaket, kedinginan.
High school couple ~ sirik ah gw

I was lucky. Gw dapet tiket pesawat, persis di high season dengan harga promo. Buat yang hunting tiket pesawat, kalau dapet harga di 4,5 tapi persis di high season, buruan ambil! gak akan lagi muncul harga segitu saat high season. The best price is the best you could afford, with the travel date you've been wanted to. #ciyeh

Gw dateng ke Jinhae di hari ke 3 stay di Busan. Setelah Day 1 di Busan, hanya bisa menikmati setengah hari  jalan-jalan karena kelelahan. Why? Let me tell you. :))

Back to the day kami tiba di Busan

Jam 6 pagi kami udah di Exit 4 Gaya Station. Masih sepiiii.... dan.... lengang. Beda banget sama Seoul yang pagi aja udah rameeeee...

Gw kira dari posisi ini masih jauh untuk menuju Guesthouse yang kami sewa. Tapi ternyata deket. Daaan.... ternyata kami dijemput pakai mobil. My Host for Green House namanya Mr. Kim (I didn't ask his full name). Jemput kami disini, dibawain tas dan koper kami, naik mobilnya, sambil nunjukkin arah ke APT nya. Intinya ngasih tutorial how to get on / off there.

In case ada yang mau booking disini, ini detailnya. Gw sih rekomen karena emang enakeun tempatnya.
Namanya  : GREEN HOUSE
Booking via         :  booking dot com atau Agoda

ini Meja Sarapan sekaligus living room
Double room
Green House ini sebenarnya 1 unit APT, tapi memang disewakan utk para traveler. Gw pikir owner/host memang tinggal 1 APT, tapi ternyata tidak. Di unit ini, ada 3 kamar. Kebetulan gw booking yang 1 kamar utk 2 orang, dengan Bed Queen Size.
Sarapan, ada setiap pagi. Selalu sarapan bersama dengan guest yagn lain. Dan masakannya halal (muslim friendly) by request.

Welcome fruit
Untuk fasilitas: Dapur ada, tinggal pakai. Air panas di dispenser tersedia. Mesin cuci ada. Tapi saking baiknya Mr. Kim, dia bilang: Jika ingin cuci baju, tinggalkan saja, nanti istri saya yang bantu cucikan. Kami gak enak, jadi akhirnya gak jadi cuci baju. heheh. Oiya, kamar mandi, toiletries semua lengkap dan bersih sih sih sih. Sayangnya gw lupa gak dokumentasiin.

Daily breakfast. Aman. Halal :))
Saat kami tiba, Mr. Kim langsung nyiapin sarapan. Sebenernya udah beli roti dan lain-lain. Tapi gw gak yakin itu roti halal, jadinya gw nolak. Tapi Mr. Kim malah penasaran kenapa nolak. Gw jelasin, dan gw kasih lihat ingredient di kemasan roti. Mr. Kim ngerti, dan selanjutnya dia notes setiap beli bahan masakan utk sarapan.
Oiya, kami jatohnya early check in sebenernya. Pagi saat kami dateng, kamar itu masih ada penyewa sebelumnya.

hmmm...
Berhubung gw laperrrrrr.. gw minta air panas buat makan nasi dan soup yang semalem beli di CU Busan Yeok. Sup rumput laut ini enak. Tapi pas gw makan, dan liat kemasan. hmm... udah gak jadi makan. Lanjut makan nasi + bawang goreng aja. Beres makan pagi, langsung masuk kamar. Beberes, lalu mandi dan tidur.

Kenapa gw bilang "hindari bermalam di kereta atau bus" ini alasannnya. Setibanya di GH, mandi dan tidur, kami kebablasan tidur, jam 2 siang baru bangun. HAHAHAHAHAHAHA. saking capek dan ngantuk dan jetlag. So.... baek-baek yah..

Day 2 - Busan
02 April 2017 - Karena bangun kesorean, jam 2 siang, kami baru cus sabut dari APT jam 2.30 KST. Sebelom tidur, gw sempet pasang ini itu buat charge baterai kamera dan hp. And.. ready steady GO! Cus lah kita mw lihat Busan kaya apa. Kamera, HP, kacamata (gak perlu padahal), dan ransel siap!

Baru juga keluar jalan, mau foto-foto. Karena sepanjang jalan dari APT, cherry blossom nya banyak. and.... jreng jreeeeeng....~~ GUWEH LUPA MASUKIN BATERAI KAMERA KE KAMERA :|. KZL . Mau balik lagi ke APT males. Lantai 20 pan. dan mager jalan, plus mbak Mumu juga bawa kamera.

Sedih. Gak ada foto Day 1 di Busan pake kamera sendiri... boloho pokoknya. Berkali-kali noyor diri sendiri kenapa bisa lupa bawa power bank dan lupa masukin baterai ke kameranya. hahahahhaha. Yasut lah. Cuma bisa ikutan gaya pake jepretan kamera mbak mumu. OH THIS IS WHY I LOVE TRAVELING!

Disclaimer: Photo-photo yang bening, taken by Canon EOS M10, photo-photo yang bures, taken by Lenovo P70. wkwkwk

Ini foto-foto Stasiun Subway Gaya Station. Kurang lebih subway lain juga begini. Ada yang full eskalator, ada yang tangga manual. Ada juga lift. Tapi kadang-kadang, kalau pakai lift suka dipelototin. Hehe.. lift hanya untuk manula dan disable person/ ibu hamil.

Jagalchi Market - Busan International Film Festival - Gukje Market
Sesiang, kami hanya jalan keliling Gujke Market -  Masjid Al Fatah, Jagalchi Market dan BIFF. Sneak peek lokasi bisa dilihat di foto-foto ini:

dilihat dari BIFF

Gukje Market ini rameeeee banget. Apalagi sepanjang jalan ini yang jualan kanan kiri. Banyak foodstall, tapi kami gak berani beli. Full street food tanpa ada makanan halal. Laper sebenernya, ngiler liat patjeon goreng anget-anget, tokkpoki anget-anget.. eh sebelahe ada sundae. Yah...
ada abang Ubin dimarih <3
Beres belanja dimarih.. ~ bukan gw yang jajan. Tapi mbak mumu. Doi beli furr coat atuk.. boneka Goblin atuk.. mehong pulang. 150rb klo dirupiahin. wkwkwk. Ini efek salah denger ahjuma sebut harga. HAHAHAHA

Beres dari Gukje Market, kami lanjut ke Masjid Al-Fatah. As always, kami naik subway. Takut nyasar kalau naik bus. Lupa berapa kali berhenti, akhirnya nyampe juga.

Masjid Al-Fatah Busan

Alamat:
30-1 Namsan-dong, Geumjeong-gu, Busan, South Korea

How to get there:
Gaya Station – Dusil Station
Dari Gaya naik subway Line 2 (jalur hijau) turun di Seomyeon (2 stop, 4 menit), keluar PINTU KIRI, pindah jalur ke subway Line 1 (jalur merah), turun di Dusil Station (12 stop, 23 menit), keluar PINTU KANAN. Exit 8.

Nyebrang, jalan lurus terus sampai ketemu bengkel mobil THE TIRE SHOP, lalu belok kanan dan jalan lurus sampai ketemu jembatan kecil dan ada Restoran Turki Cappadocia di seberangnya, mesjid ada di samping restoran ini.

Di Masjid sini, kami numpang sholat Ashar dan Maghrib. Apa coba yang bikin sedih? Ketika Maghrib tiba, suara adzan cuma terdengar di dalam Masjid, dan yang sholat pun hanya beberapa :( Trust me, you will miss Indonesia so much kalo nemu keadaan begini. Beta enaknya, muslim yang tinggal di Indonesia.

Beres Maghrib, tadinya kami mau makan di resto turki deket masjid. Tapi takut zonk sama harga, akhirnya lurus bablas ke CU di seberang jalan. Hahahah.

Inilah makan sore kami. Nasi instant + kimchi + nori dan kering kentang bekel dari Indonesia. Kenyang dan halal.

Kalau lagi laper, makan gini doank enak koq. Wkwkwk

Beres makan, kami balik ke Gukje Market. Tepatnya nyari lokasi BIFF, karena tadi siang belum ketemu.

BIFF ~ Lampu-lampu bakal berubah warna setiap beberapa detik
Capek setengah harian jalan-jalan, capek, lalu kami pulang ke GH. Kurang lebih jam 23.00 baru sampe kamar. Lelaahh.... ~~ selelah ngetik blog ini, padahal cuma beberapa paragraf.

Itinerary vs Realita Part 1

Tahu nggak sih? Itin Day 1 Busan, sebenernya padet banget. Lihat aja nih, itinerary sempurna! bahkan dimulai dari jam 4 shubuh! wkwkwk.

Realitanya? Giling... baru mulai jalan aja jam 2 siang. So, jadwal itin day 1 Busan kecoret 2 tempat. Padahal itu itin utama ~~ tapi apalah daya kami, udah kumat "nanti lagi aja kesini", jadinya woles aja diskip.

Makae sekali lagi gw bilang, ambil perjalanan siang aja. Malem mah saatnya istirahat. Kecapean karena night travel, bisa bikin lemah letih lesu dan males gerak. Kecuali yang setrong ya itu pengecualian.

Realita kedua adalah, tadinya mau cetar-cetar aja foto gak pak jaket (gw cuma bawa 1 jaket, jadi foto cuma itu lagi itu lagi) plus, gw sebenernya bawa 2 jilbab warna pink, tapi karena kalau difoto keliatannya pink doank, dikiranya gw gak ganti-ganti jilbab T.T. Kalau baju sih emang pakai ulang :)) da gak keringetan. Maka ini gw suka travelling di musim semi. Enggak keringetan. Kalau keringetan, tar bawaannya rungsing. Spring was the best!

Hari berikutnya alias Day 3, 03 April, kami ke Jangsado Sea Park. Postingan lengkap, ada di postingan ini yaaakkk...: Spring Blossom - My Korea Trip (Part 3) - Jangsado Sea Park

Day 4 - The Next Day - Jinhae Cherry Blossom Festival
04 April 2018 - Planning utama ke Busan adalah ke Jinhae! Mau ngapain? liatttiiin bunga-bunga sakuraaa mekaaaaaaaaaaaaaaaaaar... And Yes! Kami sedang beruntung. Cuaca cerah banget. Berangkat  bareng Metta, bertiga beli tiket ke Jinhae di Busan Seobu.

Antrian mau ke Jinhae.. waw.. sumpah banyak orang.. Diantara banyak wisatawan, yang paling banyak kami temuin itu orang Malaysia. Jarang banget ketemu orang Indonesia. Cuma Metta doank nih.
Berhubung ini hari terakhir di Busan, kami ke Seobu langsung beli tiket ke Seoul. Bawaan berat, koper segede gaban.. alhamdulillah.. Mr. Kim baekk hatiii... dianterin donk.. kita ke terminal, dianterin drop barang dulu di locker, dianterin beli tiket. Bahkan dia yang antriin. hihi. super baik hati. Next time, gw ke Busan, insya Allah mau stay di tempat mr. Kim lagi. Ini dia orangnya :D
with Mr. Kim
Setelah dapat tiket...... kami mulai nunggu dan antri. Gw kira pas liat antrian panjang, itu orang mau kemana, jebule mau pada ke Jinhae.. wkwkkw

Ini Busan Seobu - Jinhae harganya 5100 won one way - pp jadinya 10200 won. Belinya tetep one way sih, dari Jinhae ke Seobu beli OTS juga. And.. we were lucky, tiket masih pada tersedia saat kami beli, dan gak pake ada ketinggalan bus segala. Alhamdulillah..

view dari Bus sepanjang jalan dari Seobu Terminal

Oiya, sebenernya gak usah jauh-jauh ke Jinhae. Sungai sepanjang Seobu Bus Terminal pun itu 1km sakura mekar semua.... kami baru tahu pas diinfoin sama guestmate di apt. Tapi dah penasaran ke Jinhae, marilah kita cus!.

Perjalanan sekitar 1 jam kurang lah ya, udah nyampe. Kalau berdasar info di Internet, dari Jinhae Bus Terminal, tinggal jalan kurang lebih 500meter. Tapi kemarin kami naik bus dulu buat nyampe ke lokasi di bawah ini. Untung ada Metta. Jadinya aman. ehee....

And this is it! SAKURA EVERYWHERE!

Bang.. sendirian aja bang...

Gak perlu banyak cerita lah ya... nikmati view indah ini... romantis kaaaann :)))) *pundak mana pundaaakkkk... T.T. Nah lanjut dari sini, kami ke lokasi kedua. Kayak foto yang paling atas... Jalan kaki nyari halte. Sebenere gak susah, ikutin orang-orang aja. HAHAHA.
pinggir jalan aja begini...

suasana halte bus sebelum berjejal orang-orang

betaaahhhhh <3 <3

Perjalanan naik bus ke lokasi kedua lumayan wuiiiinggg wuiiiinnggggg lika liku ngebut buts dan padetttttt detttttt detttt... Akhirnya setelah berjejalan sekitar 15an menit,, nyampe jugaaaaaaaaaaa.....

KALI INI LEBIH SYAHDU LAGIIIIIIIII VIEW NYAAAA... T.T

A Breathtaking moment....

Indonesia gada begini...T.T

Ini susah mau foto tanpa noise

Mbak ransel merah,, kamu ngalangin.. :(

dari jauh..

dedek dedek emeuz.... >.<

Ingin banget foto depan kereta.. tapi liat aja itu yang antri banyak banget... plus gak pede aja. lagi foto lagi gaya, ditungguin orang banyak antri, sekaligus ditonton. Soale, ada beberapa couple korea yang foto mesraaaaaaaaaaaa... abis itu ditepukin disorakin.. gilingaan... maluku di Ambon.... wkwkkwk

Puas foto-foto disitu, jalan sekeliling.. sambil cari makanan... yang halal... tapi ... enggakk... nemu. hiks *tati sumpah laper banget

ini beberapa foto foodstall yang ada di festival. Sumpah ngiler... wkkwkwkwkk. And yes.. setelah ini, kami berjuang dengan waktu. Kejar-kejaran ke terminal biar gak ketinggalan bus ke Seoul.. ihiy. Alhamdulillah, keburu. Dan..... masih sempet nunggu di Busan Seobu. Foto berikut, penampakkan Night Bus dari Busan ke Seoul. Kami ambil jam paling malam, 23.30 nyampe di Nambu Bus Terminal Seoul sekitar jam 03.30 dinihari.

Kursinya nyaman...

mata panda...

End of today. Annyeonghi Jumuseyoo....