Saturday, October 18, 2014

Kuliner Bogor: Kupat Tahu Magelang

Akhirnyaa... setelah sekian lama, gw nyari yang namanya Kupat Tahu, di Bogor.. nemu juga siapa yang jualan. This is it! Kupat Tahu ala Magelang versi Bogor #halah

Tempat yang jual makanan ini, ada di Jalan Bagaspati (Indraprasta, Bogor Utara). Pokoknya,kalau dari arah Warung Jambu, naik aja ke atas (jalur angkot 08A atau 23). Tempatnya deket Kantor Asuransi Takaful Bogor. Cuma selisih 1 rumah dari Takaful.

Apaan sih Kupat Tahu? Banyak yang salah ngira sama makanan ini. Dikiranya, ketupat, sama tahu putih digoreng, trus disiram bumbu kacang. Bukaaaaaaaaaaaaaaan... bukan itu. Itu mah Doclang!. Kupat Tahu ini, makanan khas ~ versi gw sih, khas daerah Ambal, Kebumen :p~ gatau aslinya darimana. Cuma, biasanya cuma ada di sekitaran Kebumen, Kutoarjo, dan Magelang. 

nih, Krupuk Sermier
Isinya? Ketupat, tahu putih (magelang) diiris dadu trus digoreng, cambah ijo, irisan tipis dan kecil kubis. Bumbunya? bumbu kacang, mirip sama lotek lah yah. Kacang + bawang putih + kencur + cabe + garam. Kuah apaan itu? Kuah pempek? bukan! itu kuah dibuat dari air asam jawa + gula merah + sedikit garam. Oh iya! ada tambahan dikit, cuka! Biar sedep. Terus.. pake kerupuk Sermier... gw gata istilah di Bogor atau Jakarta untuk kerupuk Sermier apaan.

Rasanya yang versi bogor? not bad lah.. cuma karena beda isinya, agak sediki kurang sip. Coba itu bukan pake tauge yah... pasti lebih enak. Dan lagi, tahu putih yang ada di Bogor, kalo kata gw sih, emg kurang sedep. Ya... from 10 scale, gw kasih nilai Kupat Tahu ala Magelang versi Bogor, dapet nilai 7 :)). 

Harganya?  mayan mehoooooooooooong. Mabelas rebuwww... padahal kalo di kampung gw, harga kupat tahu cuma 2500 per porsi. Tapi.. yah, lumayan obat kanget sama kampung. 

Hokei, silahkan dicoba buat yg penasaran :p

No comments:

Post a Comment