Saturday, March 8, 2014

I Am A Coffee Lover

Gw, suka banget sama yang namanya minuman KOPI. Doyan minum kopi bisa dibilang dari sejak gw kecil. Dulu kan yah tiap pagi, bapak medang, nek ndak ngopi ya ngeteh. Wedangnya pasti se gelas - es teh yang kaya di warung-warung gitu - isi full, selalu ditaruh di dekat teko teh, teh jatah minum ibu. Karena ibu emang lebih suka sama teh ketimbang kopi. 

Nah gw sama Anto, selalu aja jadi pengincar itu  wedang punya bapak. Yang kalo abis dibuat sama ibu, masih full tank tuh.. x)))) ~~~ tar selang sejam, pasti tinggal setengah! AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA kerjaan gw tuh sama Anto. Tar kalo dah tinggal setengah, pasti bapak teriak-teriak "sopo iki sing ngombe? anto po emi?"  tapi ya terima aja, minumnya diabisin setengah :)) i love you, pak! :-*

Dari situ sih, sepertinya gw jadi suka kopi. Bisa jadi turunan. Bulek pun suka kopi. Yang kalo katanya pengen segeran, yang dibuat tuh bukan es buah atau es sirup. Tapi kopi item panas manis ~~~ lalalalala.. kalo kata orang sini karuhun keur dateng. 

Maaakinn kesini gw suka banget sama minum kopi. Apalagi di kantor sini, di bilik ijo yang sepi ini, kalo lagi suntuk kerjaan, laper tapi males makan atau ngemil, kopi jadi pilihan utama. Gak akan bikin kopi tubruk sih, jelas kopi instan. Tapi lumayan lah yah.. Kadang juga kalo pas lagi ke Jakarta, jalan-jalan se tim project, mampir tuh yah di starbak atau kopi bin. Macem menu luar negeri, baru tau gw macem-macem minuman kopi.. tapi terus terang  gw belum tahu rasa dari masing-masing minuman kopi. Namanya aneh-aneh. Kadang jadi asal pesen aja. Yang kira-kira enak. Hehehehe

Abis googling, ternyata ada sekitar 14 nama macem minuman kopi racik.  Here they are.....

# Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun.
~ Ini kopi hitam original yang gw dari kecil suka minum dari jatah minum bapak :)) Kopi Hitam Manis Kapal Api! Kopi Tubruk yah..

Kopi Hitam
# Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi
~ Gw belum pernah nyoba Espresso. Katanya pahit karena tanpa gula dan ektraksi langsung. Gw suka yang manis, so, mungkin Espresso bakal jadi opsi terakhir gw buat milih minum ini..
Espresso
# Latte (coffee latte), merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1.
~ Yang ini udah pernah nyoba. Karena perbandingan 3:1.. maaaanisss.. heheheh

Coffee Latte
# Café au lait, serupa dengan caffe latte tetapi menggunakan campuran kopi hitam.
~ Heum.. ini sering. Tapi yang instant.. 
Café au lait
# Caffè macchiato, merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1.
~ Eaaakk... ini nih yang gw minum waktu di Coffee Bean Shop di Central Park. Sok-sokan minum Macchiato.. gw gatau rasanya apaan. Dan PAHIT! akhirnya liquid sugar #halah! gula cair maksudnya, gula cair yang dikasih, gw pake semua. Tapi tetap kerasa pahitnya.. *yaiyalaaaahh....  4:1!
Caffee Macchiato
# Cappuccino, merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.
~ Cappuccino adalah kopi yang paling sering setelah kopi hitam, yang gw minum. Cappucino instant favorit gw Tora Bika Cappucino. Enak. Rasanya pas.
Cappuccino
# Dry cappuccino, merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu.
~ Sepertinya rasanya sama aja sama Cappucino, tapi lebih light yah..
Dry Cappucino
# Frappé, merupakan espresso yang disajikan dingin.
~ Es Kopi Hitam dingin. Kayaknya kalo ditambah gula dan es batu enak. AHAHAHAHAHAHA

 
Frappé
# Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.
~ Yang paling banyak beredar di warung, supermarket dan rumah-rumah. Paling gampang bikinnya. Gak harus gongsong itu biji kopi
Kopi Instan yang Seribuan.. :))
# Kopi Irlandia (irish coffee), merupakan kopi yang dicampur dengan wiski.
~  Irish Coffee.. irish kohi. Nama ini baru kali pertama gw denger di J-Drama nya Yamapi. Di adegan itu, Yamapi diminta pesen  Irish Kohi sama Iwata-San (IM) buat bikin takut Detektif yang udah bunuh Nakagami-san, eh, kepanjangan yak? heheh intinya, setelah itu kopi disajiin sama waiter, gw agak bingung sama bentuknya. Koq tumben pake gelas, trus ada buih banyak diatasnya, apa ya kira-kira.... Ternyataaaa.. Irish Coffee itu campuran kopi dengan wiski :| Haram cyin buat muslim.. Inget yah, jangan pesen Irish Coffee.. 
Irish Coffee
# Kopi tubruk, kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula
~ Kopi tubruk. Kopi yang banyak ampasnya.... Ini enak.. heheheh apalagi kalo minumnya pagi-pagi ditambah singkong goreng.. ueeanaaakk..... 
Kopi Tubruk
# Melya, sejenis kopi dengan penambahan bubuk cokelat dan madu.
~ Baru denger nih, belum pernah tahu rasanya kopi pakai madu
Melya Coffee
# Kopi moka, serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dengan penambahan sirup cokelat.
~ Rasa favorit setelah cappucino. Gw suka bereksperimen. Berawal dari Moccafloat nya KFC, yang sekarang udah gak enak lagi... gw coba bikin sendiri moccafloat tanpa float :)). Beli Tora Bika Cappucinno instant + Milo. Campurin. ENAK TAUUUUU :9

Kopi Moka
# Oleng, kopi khas Thailand yang dimasak dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen.
~ Belum pernah nyoba.. rasanya apa yah?
Oleng

Sedikit info komparasi kopi:


Yaks, tadi tuh macem-macem kopi yang mungkin belum semua yah? Kan kalau lihat di menu Starbak, atau Kopi Bin., namanya aneh-aneh. Ada juga yang pake campuran kacang, disebutnya Hazelnut Coffe Latte.. gitu deh rasanya. Kata gw sih emang enak... *enak apa doyan?* DOYAN!  hehe. Sekian!

Nikmati kopimu :)


Source: Wikipedia & Google Image

No comments:

Post a Comment