Saturday, November 24, 2012

Hanbok, Pakaian Tradisional Korea

안녕! 

Lagi googling nyari info gimana cara nyimpen Hanbok yang bener, dan gak nemu-nemu, malah nemunya website jualan hanbok "rakitan" dari korea asli. Heheh.. gw pake kata "rakitan" yah, karena gw kerja di bidang IT, jadi kek'y terbiasa pake kata "rakitan" untuk sesuatu barang yang bisa di customize. 
Jadi, tepatnya itu di Sonjjang Hanbok! Dew Hwang si Designer. Cantik orangnya, kek'y juga kreatif bisa design hanbok sebagus itu. Keren deh. Ngiler liatnya.. coba punya banyak duit.. bisa beli Hanbok lengkap full set. + sepatu, norigae, tempat uang, sama kaus kaki, celana dobelnya.. aaaaakkk.. dan kalo ditotal. :| muka datar gw....... ada kali $500 :| 5 juta masaaa.. cuma buat hanbok doank.. T.T hikssss

Baiklah, mari lupakan harga hanbok yang mahal selangit. Mumpung lagi bahas pakaian tradisional korea ini, sekalian yah sama detailnya :D.
OK! 

하나, 둘, 셋 !!

-Perngertian-
Disebut Hanbok jika kita ada di Korea Selatan, dan lain lagi kalo kita lagi di Korea Utara, pakaian tradisionalnya disebutnya bukan Hanbok, tapi Chosŏn-ot. Bagi mereka warga korsel + korut, pakaian tradisional ini wajib dimiliki!. Sama sih sebenarnya kaya di Indonesia, misal gw, orang Jawa, gw wajib punya Kebaya, sebagai salah satu pakaian tradisional salah satu suku di Indonesia. Begitu juga orang Korea, dan harga hanbok pun disana lumayan mahal. Dan jangan aneh, klo ketemu atau chatting sama orang korea, pas ditanya, "Punya Hanbok gak mbak/mas?", kalo jawabnya enggak, brati emg gak punya :p .Sama juga kaya disini sekarang. Tahun 2012, kalau mau beli kebaya yang bagus, bisa-bisa harus ngerogoh kantong dan dompet sampe jero! hehehe.. :)) kenapa gitu? asal tau aja, harga Kebaya bagus, sekarang ini udah sampe 250rb-1,5 juta! bayangin!!! makanya sekarang kebanyakan orang kalau mau nikahan, kebayanya kebanyakan sewa! nah loohhh ngapa jadi ke nikahan =____=". Ok. Balik ke topik!

Adalah pakaian tradisional masyarakat Korea. Hanbok pada umumnya punya warna yang cerah, trus pake garis yang sederhana dan gak pake saku (_-_ ). Walaupun secara harfiah berarti "pakaian orang Korea", hanbok pada jaman gini mengacu sama "pakaian gaya Dinasti Joseon" yang biasa dipake secara formal atau semi-formal di perayaan atau festival tradisional gitu.

Kalo dilihat dari sejarah, sebenarnya Hanbok bukan baju tradisional pertama Korea, kan kalo di serial-serial Saeguk, suka liat kan? beda jaman, beda gaya pakaian. Contohnya, jamannya serial Faith-nya si Lee Min Ho, itu jaman Goryeo, bajunya blom pake hanbok. Masih kepengaruh baju kebesaran china - Yuan. Karena saat itu, jaman pemerintahan raja Goryeo, masih dalam -istilahnya- diberikan kemerdekaan sama Yuan untuk memerintah negara sendiri. Termasuk tulisan juga yah.. Huruf Hangul itu juga bukan huruf pertama. Sama-sama di jaman Goryeo, masih pakai tulisan cina. Baru setelah Yuan hancur oleh Ming, dan dari Goryeo ganti ke jaman Joseon, tulisan Hangul mulai ada. Kalo mau tau detail ceritanya, nonton serial Deep Rooted Tree -nya Jang Hyuk yah :p itu serial Saeguk ter-bosan-menurut-gw-tapi-dapet-penghargaan-dan-belakangan-gw-baru-tau-kalo-ceritanya-tentang-sejarah-huruf-hangul *sigh* .

Ok. Back to hanbok. 

-Masa Kini-
Jaman sekarang, korea, menurut gw dah bener-bener menjajah seluruh dunia! Bayangin K-POP dan K-WAVE dimana-mana... udah ngeracun! termasuk gw yang keracunan.. hehehe. Gara-gara K-Wave itulah gw pengen punya salah satu barang yang berhubungan sama korea. Hanbok deh yang keliatan. Sukses bujuk-in kakak, akhirnya dibeliin juga.  
Dan sesuai perkembangan itu juga, bentuk Hanbok dah banyak diexplorasi sama tangan-tangan kreatif para designer baju, khususnya Hanbok's Designer.
Lupa! Gw blom kenalin part-part dari Hanbok itu sendiri -khususnya Hanbok untuk Wanita Dewasa yah-.
Ok. Kita mulai!

Jeogori
Jeogori
Jeogori itu dasar dari Hanbok. Jeogori itu part-nya: Body Hanbok, Kerah Hanbok dan bagian luar lengan.  Untuk hanbok laki-laki dan perempuan, agak sedikit beda bentuknya.
Chima (Rok)
Chima
Chima adalah bagian dasar dari Hanbok untuk bawahan. Terdiri dari rok simpel yang dikaitkan dengan tali dan sabuk.  Ada beberapa beberapa jenis diantaranya : Hot-chima, Gyeop-chima and Nubi-chima for Geot-chima. Yang tadi disebut itu Hanbok untuk pemakaian sehari-hari. Tapi kalau Mujigi dan Daesum-chima itu untuk dalaman rok. Terus, Seuran-chima dan Daeran-chima itu untuk Hanbok Formal.


Ba-ji (Celana)
Ba-ji ini dalaman baju-celana-sih. Itu loh, yang warnanya putih. Kalo di serial-serial korea suka keliatan klo cewe-cewe lagi ngangkat Hanboknya...

Durumagi
Durumagi
Kain luar Hanbok, atau mungkin biasa dilihat kalo nonton serial saeguk ya., -suka dipake buat nutup dari ujung kepala sampe ujung kaki sama wanita bangsawan-. Tapi sepanjang perkembangan jaman, Durumagi bukan cuma dipake buat nutupin kepala sampe kaki, tapi sekarang-sekerang malah dijaiin pakaian resmi. Misal ada nikahan, Sebae (salam Tahun Baru) dan Dol-janci (punya bayi).


Jenis-jenis Durumagi dipisahkan untuk musim. Gyeop-durumagi adalah untuk musim semi dan musim gugur, Hot-durumagi adalah untuk musim panas dan Som-durumagi adalah untuk musim dingin. 

Dangui
Dangui 
Dangui ini, kain yang dipakai diatas jeogori dan punya bentuk kaya rompi tapi lengan panjang! 
Baju ini sebenernya "Baju Kebesaran sang Ratu". 
Lihat gambar disamping, itu Dangui, yang dipake sama Wol sang Talisman :p *The Moon That Embrace The Sun - Han Ga In*



Beoseon
Baeja
Baeja
Baeja ini kain yang dipake diatas Jeogori. Kalo bahasa gw sih, Rompi yang gak pake kancing.

 Beoseon
Kaus kaki! Heheheh kan disana mah yah dingin..jadi harus pake kaus kaki biar gak beku :p



Ok. Part of Hanbok udah dijelasin dikit lah yah. Panjang-panjang capek euy ngetiknya :p

Next!

Bedanya Hanbok Tradisional sama Hanbok Modern. 

Kaya yang tadi gw bilang, sejalan majuanya jaman dan fashion, banyak tangan-tangan kreatif bikin hanbok jadi gak tradisional lagi. Singkatnya, biar kalo pake hanbok gak perlu ribet lagi.. Jaman dulu, chima yang ada itu bener-bener kain panjang kaya jarit, dan pakenya pun di taliin. Makanya haru pake Baji biar kalo kesibak Chima-nya, gak keliatan anggota tubuh yang harusnya gak keliatan :)). 

Nih comparationnya:
Hanbok Tradisional VS Hanbok Modern
Beda kaaaannn........................ ?? heheh
Sekarang lebih simpel. Tinggal pake kaya sleeveless baby doll. Pake pake pake! Beres deh. Tinggal riasan luar aja. 

Accessories 

Norigae
Moran Shoes
Dua aksesoris ini nih yang wajib dipake buat nglengkapin penampilan full Hanbok-Style :) 

Harga Norigae dari yang paling murah itu sekitar $9 sampe $35! maaaahaaaaallll buat gw mah :(

Kalo sepatunya, harga dari paling murah $25 sampe $100. Di bogor atau Jakarta ini, gatau ada di daerah mana yang jual. Sepertinya memang harus online shop buat beli ALL ABOUT HANBOK! T.T

 Fiuhhhh *lap keringet abis ngetik banyak*

Kayanya segini aja ringkasan tentang Hanbok -dalam bahasa gw- . Semoga bisa dicerna yah bahasa yang acak adut ini.. heheheheh

Bye! (._. )/ 안녕!

No comments:

Post a Comment