Saturday, February 19, 2011

Sumilangen :(

Eeuh! satu penyakit yang gw ga bisa lawan! tiap bulan! :((
it's called Sumilangen, kalo di bogor.. ga tau deh kalo di luar sana disebutnya apa. yang jelas, rasanya Ruuuuaaaarrrrrr biaaasaaaaaa!!!!

Deskripsinya untuk rasa sakit sumilangen:
sumilangen itu, mirip PMS, tapi bukan PMS. jadi sakit yang memang hampir 80% wanita di dunia ngerasain. sakit yang cuma dirasain di hari pertama menstruasi. Sakitnya mulai dari daerah v, sampai ke nyeri perut, dengkul atau sendi-sendi tulang pada pegel, duduk salah, tidur juga salah. jadi wajar, kalo ada yang lagi sumilangen suka marah-marah. so jangan coba-coba buat gangguin orang yang lagi sumilangen.

ni gw kutip dari sumber di google, sedikit tentang Sumilangen, si Sumi yang culangung! sakitnya ga kira-kira kalo dateng! :|

"Pada hari pertama atau satu hari menjelang datang bulan, banyak wanita yang mengeluh sakit perut atau tepatnya kram perut. Gangguan kram perut ini tidak termasuk PMS walaupun ada kalanya bersamaan dengan gejala PMS. Kram pada waktu haid atau nyeri haid merupakan suatu gejala yang paling sering. Gangguan nyeri yang hebat, atau dinamakan dismenorea, sangat mengganggu aktivitas wanita, bahkan acap kali mengharuskan penderita beristirahat bahkan meninggalkan pekerjaannya selama berjam-jam atau beberapa hari. Dismenorea memang bukan PMS. Dismenorea primer umumnya tidak ada hubungannya dengan kelainan pada organ reproduksi wanita dan hanya terjadi sehari sebelum haid atau hari pertama haid. Nyeri perut ini juga tidak ada hubungannya dengen PMS yang mulai terasa 10 - 14 hari sebelum haid. Gejala malah hilang begitu haid datang. Kalau dismenorea membaik atau bahkan hilang sama sekali setelah seseorang melahirkan, tidak demikian dengan PMS. Wanita yang pernah melahirkan malah berisiko lebih tinggi menderita PMS" sumber

udah agak lega, ternyata bukan kelainan dalam organ tubuh gw. sempet gw mikir, jangan-jangan gw kenapa-kenapa nih, tiap kali menstruasi pasti sakit ga ketahan buat hari pertamanya. yang kata orang, harus nikah dulu baru ilang tah sakitnyaa... ya ampunnn.. harus gitu ya?
hmmmmp.. =="


Update:
Berdasar sedikit pengalaman sih yah. Setelah beberapa kali gw perhatiin. Gw gak sumilangen, kalo :
  1. Pas sebelumnya olah raga. Entah itu, seminggu sebelumnya, atau hanya 1x seminggu sebelumnya. Badan biasa aja, perut juga biasa aja gak sakit sama sekali. Nyeri sedikit, tapi gak terlalu. 
  2. Kalo dalam H-4 banyak mengkonsumsi kafein, iye.. kopi. atau latte atau apapun itu yang banyak kafeinnya
  3. Yang ini, info dari mpi, banyakin makan sayur (jus sayur), contohnya: bayam, jeruk dan seledri di jus. Kata si mpi sih enak, tapi gw sendiri belum nyoba. Berdasar riset, minum jus sayur juga bisa mengurangi rasa sumilangen. 
  4. Minum jamu, kalo orang dulu bisa sehat wal-afiat, karena banyak minum jamu tradisional, salah satunya jamu brotowali, dan kunyit asam. Ini manjur! tapi karena jarang yang jualan deket rumah, gw gak pernah minum jamu
  5. Minum obat anti nyeri haid, ini opsi terakhir. Gak mau bikin serem orang lain, tapi karena pengalaman temen main dulu jaman di jawa, ketika dia haid, trus sumilangen, dia minum obat anti nyeri haid, kemudian sampe sekarang gak haid lagi :( parno. Makanya gw gak pernah berani minum obat itu. Tapi barangkali untuk sekarang beda kali yah obatnya. Beda tubuh, beda juga kapasitas penerimaan efek obatnya :)
  6. Menikahlah! :p nyokap gw udah buktiin. heheheh udah nikah mah, sumilangennya ilang sendiri.

Yah, itu aja kayanya tambahan,. Semoga bermanfaat. 

UPDATED per 11052015
Wait, gw pernah nulis kalo gw gak mau minum obat anti nyeri haid. Tapi berhubung waktu itu gw gak mau minum obat yang 1 itu, ketika disuggest temen kerja ke obat yang satu ini, gw cobain. Alhamdulillah manjur. 

Buscopan Plus, alhamdulillah nyeri haid nya ilang dalam waktu kurang lebih 10-20 menit. Kalo gw gugling sih, itu memang obat khusus penghilang rasa nyeri perut. Produknya Boehringer.. So, kalau mau coba, gak ada salahnya. Gw sih cukup minum sekali aja udah ilang rasa sakitnya. Jadi gak perlu sehari 3x.  

Sekian ^^

No comments:

Post a Comment